Selasa, 30 Oktober 2012

Pancasila

27 Okt
Latar belakang pendidikan
1. Geografis (wilayah)
2. Perbedaan sosial ekonomi (jujur)
3. Pendidikan
Maka bersifat individualis. Maka terjadi interaksi sosial atau hidu bermasyarakat di wujudkan dalam kebersamaan. Saling tolong menolong dalam hal kebaikan.
Kaitannya dengan nilai pancasila. Dapat menumbuhkan persatuan. Dan keadilan dalam sosial dapat menumbuhkan rasa cinta dalam tanah air. Susunan Sifat Kedudukan Kodrat
1. Sebagai makhluk yang mandiri. Dalam artidi beri kebebasan untuk berusaha semaksimal mungkin. Kebebasan untuk bercita-cita tergantung pada pertimbangannya.
2. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Maka manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Manusia di samping punya kelebihan punya kekurangan.
Dan jangan sombong.
Bahasa religis. Harus menikmati nikmat Allah
Proses jadi satu dari bhineka tunggal ika
Yang di maksud kerakyatan adalah kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. Di wujudkan dalam demokrasi (pemerintahan oleh rakyat). Untuk menentukan wakil-wakilnya di adakan pemilu.
Keadilan sosial
Adil adalah memberikan orang lain apa yang menjadi haknya. Keadilan menyangkut hak dan kewajiban. Dua hal yang tidak bisa di pisahkan. Bisa bertindak adil kalau kita melaksanakan kewajiban. Keadilan sosial bertingkah adil dalam kehidupan sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar